Apa Itu Copywriter? Ini Penjelasan Pekerjaannya

Literasi Indonesia – Kamu pasti pernah dengar copywriter, kan? Profesi ini memang sudah tidak asing lagi. Bahkan permintaan perusahaan akan keahlian ini, semakin banyak, loh.

Baik bisnis yang bergerak di industri kreatif maupun tidak, perusahaan menyadari bahwa kehadiran copywriter terbilang cukup esensial untuk keberlangsungan marketing perusahaan.

Jadi, peluangmu besar jika profesi ini memang yang kamu idamkan. Penasaran? Yuk, simak ulasan Glints di bawah ini.

Dilansir oleh Digital Marketer, copywriting adalah aktivitas atau pekerjaan menulis teks iklan atau materi publisitas.

Namun, tidak semua pekerjaan copywriter berhubungan dengan iklan. Ada juga copywriter yang menulis konten berita dengan tujuan memberi informasi saja.

Lalu, apakah seorang penulis buku seperti novel atau komik bisa disebut copywriter? Tentu tidak, mereka disebut novelis dan komikus.

Umumnya, peran dari seorang copywriter memang untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Mereka turut bertanggung jawab akan citra perusahaan.

Oleh karenanya, pekerjaan dan tanggung jawab copywriter bisa dikatakan tidak semudah yang orang-orang awam pikirkan. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian khusus, selain dari aspek kreativitasnya.

Selain itu, pekerjaan copywriter disesuaikan dengan tempat ia bekerja. Misal copywriter media online yang diharuskan membuat kampanye-kampanye dalam bentuk banner website, newsletter, dan lainnya.

Lantas, dilihat dari skill dan tanggung jawab mereka, apakah kamu cocok menjalani pekerjaan ini?

1. Menyajikan konten iklan yang kreatif

Bekerja yang  berhubungan dengan iklan tentu menuntut kreativitas yang tinggi. Bisa dikatakan bahwa posisi ini memerlukan orang-orang yang kreatif dan bertalenta.

Sebab, pekerjaan yang membutuhkan kreativiatas seperti copywriter, terlebih berkaitan erat dengan iklan akan mempengaruhi pemasaran perusahaan.

Pemasaran yang dimaksud bukan menjual produk atau sales, tetapi lebih mengarah kepada bagaimana kamu bisa memproduksi iklan yang dapat memasarkan produk.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa pekerjaan ini berhubungan dengan citra perusahaan dan brand tertentu. Maka, kamu dituntut untuk memberikan konten yang ‘outside the box’ dan one of a kind.

Related posts