Kesehatan Mental Menjadi Konsekuensi Pandemi Terbesar yang Akan Kita Hadapi

Literasi Indonesia – Hidup penuh tekanan sebelum pandemi, tetapi tantangan baru telah memberikan kontribusi tambahan.

Homeschooling virtual, tetap aman, kesulitan keuangan, teleworking, mengikuti informasi baru dan mengatasi penyakit dan kematian dapat membuat hidup terasa seperti permainan Whac-a-Mole yang tidak pernah berakhir. Kita memasuki tahun kedua pandemi. Inilah yang terjadi selanjutnya.

Dengan kemajuan dalam upaya vaksin Covid-19 dan prediksi kapan masyarakat akan menerimanya, tampaknya ada titik terang di ujung terowongan pandemi yang panjang dan mengerikan.

Namun, karena risiko fisik dikelola dengan lebih baik dengan vaksin, apa yang kemungkinan akan tetap ada adalah dampak pandemi yang tak terhapuskan yang membebani kejiwaan kolektif.

Karena risiko fisik pandemi menjadi lebih baik dikelola dengan kemajuan vaksin, kegelapan mental krisis akan lebih sulit diatasi.

“Aspek fisik dari pandemi benar-benar terlihat,” kata Lisa Carlson, mantan presiden American Public Health Association dan administrator eksekutif di Emory University School of Medicine di Atlanta.

“Kami mengalami kekurangan pasokan dan tekanan ekonomi, ketakutan akan penyakit, semua rutinitas kami yang terganggu, tetapi ada kesedihan yang nyata dalam semua itu.”

“Kami tidak memiliki vaksin untuk kesehatan mental seperti yang kami lakukan untuk kesehatan fisik,” tambah Carlson. “Jadi, akan butuh waktu lebih lama untuk keluar dari tantangan itu.”

Berdasarkan perjuangan mental yang dialami oleh begitu banyak orang tahun ini, ini adalah masalah yang diantisipasi oleh para profesional kesehatan mental yang akan muncul pada tahun 2021.

Bagaimana Anda mengelola stres sangat penting untuk menemukan kelonggaran dari pandemi, kata Carlson, dan itu kembali ke dasar.

Berada di luar ruangan dengan aman, yang menurut Carlson “sebagai bagian dari tim kesehatan masyarakat”, dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika Anda bisa, luangkan waktu untuk bersantai dan memutuskan sambungan dari berita.

Berfokus pada dasar-dasar untuk tidur, makan makanan sehat, bergerak sepanjang hari, menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan dan orang yang dicintai akan menjadi sangat penting,” tambahnya.

“Merawat diri kita sendiri dan satu sama lain harus menjadi fokus semua orang ini.” (sumber: globalvillagespace)

Related posts