Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar dari Jurnal, Internet, dan Buku

Literasi Indonesia – Tata cara penulisan daftar pustaka penting diketahui saat menyusun tulisan ilmiah.

Daftar pustaka merupakan bagian dari tulisan ilmiah yang berisi referensi atau sumber penulisan. Biasanya daftar pustaka berada di halaman akhir sebuah karya.

Tata cara penulisan daftar pustaka tak boleh sembarangan. Ada aturan terensiri dalam tata cara penulisan daftar pustaka. Aturan tata cara penulisan daftar pustaka ini bersifat mengikat dan harus ditulis sesuai dengan formatnya.

Tata cara penulisan daftar pustaka yang benar akan sangat berguna bagi kamu yang sedang menulis skripsi. Tata cara penulisan daftar pustaka juga berbeda berdasakan sumbernya seperti internet, buku, atau jurnal.

Berikut tata cara penulisan daftar pustaka yang benar dari berbagai sumber.

Tata cara penulisan daftar pustaka dari internet

APA style

Tata cara penulisan daftar pustaka dari internett untuk APA style bisa menggunakan format: Nama belakang penulis, Inisial. (Tahun, Bulan Hari penerbitan). Judul artikel (cetak miring). Situs web. https: // URL.

Contoh:

Slat, B. (2019, April 10). Whales likely impacted by Great Pacific garbage patch. The Ocean Cleanup. https://www.theoceancleanup.com/updates/whales-likely-impacted-by-great-pacific-garbage-patch/

MLA Style

Tata cara penulisan daftar pustaka dari internet MLA style bisa menggunakan format: Nama belakang penulis, Nama depan. “Judul Artikel.” Situs web, Hari Bulan Tahun publikasi, URL.

Contoh:

Slat, Boyan. “Whales Likely Impacted by Great Pacific Garbage Patch.” The Ocean Cleanup, 10 Apr. 2019, www.theoceancleanup.com/updates/whales-likely-impacted-by-great-pacific-garbage-patch.

Tata cara penulisan daftar pustaka dari buku

APA Style

Tata cara penulisan daftar pustaka dari buku dari buku untuk APA style bisa menggunakan format:Nama belakang penulis, inisial nama depan penulis. (tahun terbit). Judul buku (cetak miring). Edisi buku (jika ada). Penerbit.

Contoh:

Smith, T. (2020). The citation manual for students: A quick guide. Wiley.

Bila terdapat sumber dengan lebih dari satu penulis, maka cara penulisan daftar pustaka dari buku untuk APA style bisa menggunakan format: Nama belakang penulis pertama, inisial nama depan penulis pertama., & Nama belakang penulis kedua, inisial nama depan penulis kedua. (tahun terbit). Judul buku (cetak miring). Edisi buku (jika ada). Penerbit.

Format ini berlaku jika nama penulis lebih dari satu dan kurang dari dua puluh. Penulisannya dengan menambah ampersand (&) pada penulis terakhir.

Contoh:

Andreff, W., Staudohar, P. D., & LaBrode, M. (2020). The citation manual for students: A quick guide. Wiley.

Bila sumber pustaka ditulis oleh lebih dari 20 penulis, maka  19 penulis pertama, diikuti dengan elipsis (…) dan nama penulis terakhir.

Contohnya: (klik halaman berikutnya)

Related posts