Festival Banyuwangi Youth Creative Network Diapresiasi Pemerintah

Literasi Indonesia – Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Didik Suhardi mengapresiasi kegiatan Festival Banyuwangi Youth Creative Network (BYCN).

“Saya sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah Banyuwangi khususnya Kecamatan Wongsorejo yang mengadakan kegiatan ini,” ujar Didik saat menutup Festival BYCN mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy, pada Sabtu (19/6).

Festival BYCN diketahui bertujuan untuk menggali, mendampingi, dan mengembangkan potensi yang dimiliki tiap daerah. Festival ini pertama kali digelar dan diisi dengan berbagai agenda yang cukup padat.

Seperti Maestro Mengajar yang melibatkan 3 Maestro Gandrung (Temuk, Dartik, dan Sunasih) untuk melatih dan mempersiapkan generasi muda menjadi penari Gandrung profesional yang mahir dalam menari dan menyinden gandrung.

Selain itu juga digelar workshop pelatihan yang ditujukan untuk para pegiat UMKM berbasis Tahu yang banyak ditemui di Kecamatan Wongsorejo agar memunculkan diferensiasi produk yang lebih ekonomis. Ada juga pelatihan fotografi dan vidiografi untuk mendukung pemasaran produk.

Didik Suhardi menjelaskan, ada 3 hal yang bisa didapat dengan adanya Festival BYCN ini. Pertama, dengan adanya kegiatan Maestro Mengajar bisa menjadi proses pelestarian budaya dan regenerasi kebudayaan dari para tokoh-tokoh budaya.

Kedua, kegiatan ini juga menjadi proses pendidikan kebudayaan bagi generasi muda. Dia mengatakan, kebudayaan juga merupakan proses pendidikan di mana kebudayaan juga membentuk karakter.

Ketiga, kegiatan Maestro Mengajar bisa juga mengandung nilai pemanfaatan, di mana kebudayaan di Banyuwangi dapat terekspos dan dapat menjadikan kekayaan budaya potensi wisata.

“Semoga dengan kegiatan ini kita bisa memanfaatkan untuk proses pembelajaran, pemberian wawasan pengetahuan. Sehingga para generasi muda kita di Banyuwangi bisa memanfaatkan dengan optimal kegiatan ini,” tutur Didik. 

Festival BYCN juga mendukung pelaku UMKM khususnya pengrajin tahu. Didik Suhardi menyatakan, pemerintah pusat juga mendukung kegiatan Festival BYCN untuk turut memajukan pelaku UMKM di Banyuwangi.

“Semoga UMKM ini terus berkembang. Harapan kami kegiatan ini bsia terus dilaksanakan. Ke depan bisa dilakukan dengan lebih meriah lagi,” pungkasnya. (*/pmk/Foto: Novrizaldi)

Related posts