Tujuh Cara Agar Anak Tidak Kebablasan Menggunakan Smartphone

Literasi Indonesia – Anak-anak di zaman industri 4.0 ini tidak bisa dipisahkan dari smartphone dan berbagai jenis gadget.

Di saat eforia penggunaan yang tidak terbendung lagi, kita sebagai orang tua mengkhawatirkan efek negatif dari penggunaan smartphone secara berlebihan.

Anak-anak mulai banyak yang kecanduan bermain smartphone atau gadget mereka. Nah, pastinya hal ini sangat mengkhawatirkan orang tua apalagi sampai anak-anak kecanduan smartphone atau gadgetnya.

Tentunya, kita sebagai orang tua harus pandai untuk mencegah anak-anak dari kecanduan smartphone atau gadget. Berikut 7 tips bagi orang tua yang anaknya kecanduan bermain smartphone atau gadget:

1. Berikan Time-limit kepada Anak Dalam Penggunaan Smartphone.

Bukan berarti kita memang benar-benar menjauhkan anak dari smartphone/gadget. Karena smartphone saat ini sudah ada dimana-mana dan juga anak-anak yang lain juga menggunakannya. Agar anak tidak terlalu gaptek tentang teknologi, ada baiknya kita membatasi waktu penggunaan smartphone/gadget.

Semisalnya si anak boleh menggunakan smartphone dari jam 9 pagi hingga jam 10 di hari minggu.  Tujuan nya adalah agar si anak belajar untuk time-management. Setelah ia bermain dengan smartphone nya ajak ia bermain dengan mainan lainnya.

2. Mainan Bisa Menjadi Pilihan Menjauhkan Anak Dari Smartphone

Mainan anak-anak banyak dijual di pasaran, namun anak-anak sekarang sukanya main gadget. Nah disinilah peran orang tua untuk mencoba memperkenalkan mainan kepada anak. Mainan mobil-mobilan cocok bagi anak cowok. Salah satu mainan mobil-mobilan yang sedang naik daun saat ini adalah mobil Tayo. Sedangkan untuk anak perempuan bisa di belikan mainan boneka-bonekaan.

Walaupunn begitu, ada baiknya waktu bermain dengan mainannya di jadikan reward karena telah menyelesaikan tugas rumahnya. Contoh, setelah ia membersihkan tempat tidurnya atau mencuci sepatunya.

3. Orang Tua Luangkan Waktu Untuk Anak dan Sibukkan Waktu Anda Dengan Kegiatan Anak

Jangan hanya membatasi anak menggunakan gadget tapi kita sibuk dengan pekerjaan sendiri. Perlu diketahui oleh para orang tua bahwa, anak memiliki keinginan untuk selalu bisa bermain dengan ayah atau bundanya.

Oleh karena itu sibukkan diri anda juga dengan anak disaat waktu luang. Jika anak ada kegiatan, contohnya ia mengikuti lomba Azan se-kecamatan, maka ikutlah bersamanya dan beri ia semangat.

Sesekali ajaklah ia untuk pergi ke pantai (alam terbuka) atau jalan-jalan sore di lapangan bermain. Disana ia akan belajar banyak hal, melihat banyak orang, dan juga bisa melakukan aktifitas yang tidak melibatkan gadget seperti bermain bola contohnya.

Degan begitu sang anak merasa mendapatkan perhatian penuh dari orang tuanya.

Related posts