Penguatan Kapasitas Fasilitator Literasi Baca-Tulis di Sekolah, Dimulai dari Kepsek

Literasi Indonesia – Untuk proses pengembangan literasi di sekolah, khususnya pada bidang baca-tulis, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Pelatihan bagi kepala sekolah dan guru terkait dengan pengembangan pembelajaran yang terintegrasi dengan literasi baca-tulis sangat perlu dilakukan.

Pada dasarnya, semua kegiatan pembelajaran dilandasi oleh aktivitas membaca dan menulis. Dalam pelatihan ini, dapat disampaikan teknik-teknik membaca yang efektif agar dapat menangkap isi bacaan dengan baik. Selain itu, disampaikan juga strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis, baik menulis ilmiah maupun kreatif.

Selain itu, juga dibutuhkan pelatihan bagi kepala sekolah, guru, dan siswa terkait dengan penggalian nilai pada sebuah buku dan membuat tulisan menarik dan sederhana.

Materi pelatihan ini bisa berupa cara mengelola kegiatan membaca buku dan menganalisis isinya lalu membuat tulisan mengenai isi buku tersebut.

Juga diperlukan pelatihan bagi guru dan siswa untuk dapat melakukan berbagai kegiatan membaca yang menyenangkan. Mulai dari memilih buku yang sesuai dengan minat, menentukan waktu yang tepat, dan menciptakan suasana membaca yang nyaman. Dengan demikian, siswa dan guru menjadi lebih antusias untuk membaca.

Selain itu, tantangan membaca bagi seluruh warga sekolah perlu ditingkatkan. Peserta kegiatan ini ditantang untuk menyelesaikan sejumlah bahan bacaan dalam waktu tertentu. Tujuannya adalah agar warga

sekolah terbiasa untuk membaca buku. Peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan ini akan diberikan penghargaan oleh pihak sekolah.

Dan adanya jurnal baca bagi siswa dan guru. Jurnal ini berfungsi sebagai alat kontrol untuk mencatat judul buku yang sudah dibaca dan menjabarkan hal-hal menarik yang ada di buku tersebut secara singkat.

Anda memahaminya? Kalau ingin mengembangkan kualitas sisa, maka mulailah dari tampuk kepemimpinan. Karena kepala sekolah adalah teladan yang akan ditiru oleh semua warga sekolah. (*)

Related posts