Siswa Wajib Diberi Pemahaman Pentingnya Literasi Baca Tulis

Literasi Indonesia – Setiap anak akan belajar baca dan tulis. Ini penting agar nanti tidak buta aksara. Atau bisa meningkatkan tingkat literasi seseorang.

Ternyata, baca tulis ini masuk sebagai literasi dasar. Apa itu literasi baca tulis? Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Minggu (30 /5)  ini penjelasannya.

Ilustrasi (google image)

Literasi baca tulis dapat disebut sebagai moyang segala jenis literasi karena memiliki sejarahnya cukup panjang. Literasi ini bahkan bisa dikatakan sebagai makna awal literasi, meski kemudian dari waktu ke waktu makna itu mengalami perubahan.

Tidak mengherankan bila pengertian literasi baca tulis mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pada awalnya, literasi baca tulis adalah dipahami sebagai melek aksara. Hanya sekadar dapat mengenal huruf-angka serta bisa membaca dan menulis.

Namun, literasi baca tulis juga dapat dimaknai sebagai kemampuan dalam berkomunikasi di masyarakat.

Jadi, Literasi baca tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis demi mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Tentunya ini sangat penting. Karena membaca dan menulis adalah hal yang paling awal dikenal dalam sejarah peradaban manusia.

Dahulu, masyarakat peradaban kuno berkomunikasi dengan simbol-simbol dan gambar yang diukir di batu, kayu, dinding gua, dan sebagainya. Semakin berkembangnya zaman, huruf-huruf pun mulai dikenal luas dan jadi makin beragam.

Ketika memasuki taman kanak-kanak atau sekolah dasar, kalian pasti diajarkan untuk membaca dan menulis terlebih dahulu. Ini karena, membaca dan menulis adalah ilmu dasar untuk melanjutkan ke ilmu lainnya.

Jika sudah bisa membaca dan menulis, ilmu lain dapat dipelajari dengan mudah. Jika bisa membaca dan menulis, literasi baca tulis juga termasuk memahami makna dari sebuah tulisan.

Contohnya jika kamu diberikan resep obat oleh dokter. Bisa membaca resep yang diberikan saja tidak cukup, kalian juga harus bisa memahami aturan pakai dan dosisnya supaya tidak terjadi kesalahan fatal. Dengan kemampuan literasi baca tulis yang memadai dan mumpuni, kita sebagai individu, masyarakat, dan bangsa tidak akan mudah terombang-ambing oleh berbagai informasi yang beraneka ragam yang datang secara bertubi-tubi kepada kita. (ist)

Related posts