Promosi Budaya, RBI Terbangkan Warga Jepang ke Semarang

Literasi Indonesia – Rumah Budaya Indonesia (RBI) Tokyo menggelar promosi budaya bulanan dengan tema Visit Semarang.

Format acara RBI Tokyo selama masa pandemi tahun 2021 dibuat dalam bentuk promosi budaya, wisata dan kuliner dengan metode hibrida atau kombinasi daring dan luring.

Visit Semarang menampilkan informasi tujuan wisata di Semarang yang disajikan oleh fotografer dan penerjemah berkebangsaan Jepang yang fasih berbahasa Jawa, Katsumata Naohiro. Selain itu ditampilkan pula Tari Semarangan dari kelompok Duta Melati dan cara pembuatan Lumpia Semarang oleh Ai.

Sebanyak 60 peserta mengikuti kegiatan ini, baik peserta yang sudah rutin mengikuti RBI, maupun yang baru terlibat pertama kali. Acara dibuka oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan, Nuning Akhmadi. Turut hadir dalam lawatan secara langsung ke wilayah Oarai, Ibaraki, Jepang yakni Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP), Heri Akhmadi.

Screenshot kanal Youtube RBI Tokyo.

“Kegiatan daring Rumah Budaya Indonesia dengan tema Visit Semarang ini merupakan salah satu upaya dan adaptasi kita terhadap pandemi yang saat ini melanda seluruh dunia. Dengan keterbatasan akibat pandemi, kita masih dapat melakukan jalan-jalan ke berbagai wilayah di Indonesia dan menikmati indahnya Kota Semarang pada hari ini,” ujar Nuning sekaligus mengapresiasi sambutan hangat peserta atas kehadirannya melalui daring di kegiatan RBI.

Pada bagian lain, Katsumata Naohiro, yang akrab disapa Mas Nao, menyampaikan informasi dari berbagai sudut pandang termasuk sejarah mengenai Lawang Sewu, Kampung Pelangi, dan Kota Lama. Ia juga menceritakan sensasi kelezatan Bandeng Asap dan Wingko Babat yang merupakan makanan khas di Semarang.

Menariknya, Mas Nao sering menyelipkan kata-kata bahasa Jawa dengan pengucapan yang medok. Hal ini menyebabkan beberapa peserta berminat untuk mempelajari bahasa Jawa.

Menyambut antusiasme peserta, Atdikbud Yusli Wardiatno pun berencana menyelenggarakan perkenalan bahasa daerah dalam kegiatan RBI berikutnya.

Acara Visit Semarang turut dimeriahkan oleh penampilan Tari Semarangan yang penuh gerakan dinamis oleh grup Duta Melati.

Acara ini ditutup dengan presentasi cara membuat makanan khas Semarang, yakni lumpia. Kegiatan Visit Semarang dapat dinikmati di kanal Youtube resmi RBI, yaitu RBI Tokyo. (SP)

Related posts