Seni Rupa, Pengertian dan Jenisnya

Literasi Indonesia – Seni rupa adalah cabang seni yang bisa dilihat dan diraba oleh alat indra manusia. Kamu perlu mengenali unsur-unsurnya agar lebih memahami jenis seni satu ini. 

Jika dilihat dari fungsinya, ada dua jenis seni rupa, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sementara itu, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa juga terbagi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Pengertian seni rupa bisa kamu pahami melalui pendapat para ahli. Selain itu, kamu perlu mengenal unsur-unsur seni rupa agar bisa lebih memahaminya. Unsur-unsur seni rupa akan membuat seorang seniman dapat memaksimalkan karya yang akan dinikmati keindahan serta nilai-nilainya. 

Melansir Liputan6.com ini rangkuman dari berbagai sumber, Kamis (20/5) tentang pengertian seni rupa.

Aristoteles. Menurut Aristoteles, pengertian seni rupa adalah hasil karya berdasarkan peniruan terhadap alam namun memiliki sifat yang ideal.

La Mery. Menurut La Mery seni rupa adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah. Dengan kata lain, seni rupa adalah sesuatu yang menekankan pada keindahan.

Haukin. Menurut Haukin, pengertian seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan ke dalam sebuah benda. Seni rupa adalah seni yang juga untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan orang banyak.

Coorie Hartong. Pengertian seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi, sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya. Seni rupa adalah suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

Sussane K Langer. Pengertian seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Dengan kata lain, seni rupa adalah proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Drs. Sudarmaji. Beliau menyatakan pengertian seni rupa adalah semua hal yang memiliki unsur manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media berupa bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Kumala Devi Chattopadhayaya. Pengertian seni rupa adalah sebuah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Dengan kata lain, seni rupa adalah suatu jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni Rupa Murni

Proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan. Contoh seni rupa murni lainnya adalah seni grafis, seni patung, seni instalasi, seni pertunjukan, seni keramik, seni film, koreografi, hingga seni fotografi.

Seni Rupa Terapan

Pada, seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Contoh seni rupa terapan lainnya adalah arsitektur, pakaian, kriya keramik, dan lain sebagainya. (sumber: liputan6/Ilustrasi:thegorbalsla.com)

Related posts