IndoFest, Pertunjukan Seni Indonesia untuk Warga Thailand

Bangkok, Literasi Indonesia – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok dan Chulalongkorn University (CU) menyelenggarakan kegiatan the 4th Indonesian Performing Arts Festival (IndoFest).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan guna memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada masyarakat Thailand. Tujuannya tak lain agar terjalin people-to-people contact dan pertukaran pemahaman yang lebih baik antarmasyarakat kedua negara.

Sekaligus juga merupakan bagian dari perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Thailand yang semula diagendakan pada akhir tahun 2020, namun karena satu dan lain hal berubah menjadi 7 April 2021.

Sebelumnya, pada tahun 2020, IndoFest telah dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi, yaitu: Chantaburi College of Dramatic Arts, Nakhon Sawan Rajabhat University, dan Kamphaengphet Rajabhat University.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman, membuka acara yang berlangsung di Gedung Siam Innovation District, Siam Square, Bangkok.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Vice President for Strategic Planning, Innovation, and Global Engagement, CU, Natcha Thawesaengskulthai, Dekan Faculty of Fine and Applied Arts, CU, Bussakorn Binson, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Achmad Wicaksono, dan Koordinator Fungsi, Penerangan, Sosial dan Kebudayaan KBRI Bangkok.

“Saya harap, kegiatan ini dapat dapat menempatkan Indonesia di hati dan pikiran masyarakat Thailand serta memperkuat hubungan kerja sama bilateral kedua negara serta kerja sama dalam kerangka ASEAN,” ungkap Dubes Rachmat.

Kegiatan ini juga menandai dibukanya program pascasarjana bidang terapi musik di Universitas Chulalongkorn yang salah satunya menggunakan angklung sebagai media terapi. 

Selain itu, Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) juga turut berpartisipasi dalam sesi workshop angklung yang dipimpin oleh guru SIB dengan menampilkan sekaligus memperkenalkan permainan angklung digabung dengan iringan kolintang oleh siswa-siswi SIB. 

 Di akhir acara, peserta juga diajarkan menari salah satu tarian Indonesia yaitu tari Poco-poco dengan instruktur siswa SIB. (*/kemdikbud)

Related posts