Siswa di Jawa Barat Tulis Mushaf Al-Quran Serentak

Bandung, Literasi IndonesiaSiswa Jawa Barat (Jabar) menulis mushaf Al-Qur’an secara serentak, bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadan, Kamis (29/4/2021). Di antaranya, SMKN 1 Sukanagara Kabupaten Cianjur, SMAN 1 Mande Kabupaten Cianjur, dan SMAN 2 Tasikmalaya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian program Milenial Smart Tren Ramadan Virtual Tahun 2021. Tujuan kegiatan tersebut guna menumbuhkan kecintaan siswa kepada Al-Qur’an dan bertumbuh sebagai generasi qurani. 

“Ini adalah inovasi yang Disdik Jabar lakukan sebab tahun-tahun sebelumnya belum pernah dilaksanakan,” ujar Kadisdik.

Melalui kegiatan ini, Kadisdik berharap para siswa muslim di Jabar mampu belajar dan biasa menulis serta membaca Al-Qur’an dengan lancar. 

Wakil Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sukanagara Kabupaten Cianjur, Eri Fauzi Rahman mengatakan, pihak sekolah sangat antusias menyelenggarakan kegiatan tersebut karena memberikan manfaat bagi siswa dalam literasi Al-Qur’an.

“Kami sangat mengapresiasi Disdik Jabar yang menggelar kegiatan ini. Kegiatan menulis ini juga kan berbarengan dengan membaca. Sehingga, siswa yang belum lancar membaca dan menulis bisa belajar,” katanya. 

Ia menjelaskan, total ada 100 siswa dan puluhan guru yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan penulisan mushaf. Namun, dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Salah seorang siswa, Ai Arsida mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat. “Kegiatan ini sangat membantu kami belajar menulis Al-Qur’an yang baik dan benar,” ungkap siswa kelas XII itu. (disdikjabar)

Related posts