Menulis Jurnal yang Baik? Pahami Cara Berikut Ini!

Literasi Indonesia – Sebagian guru dan mahasiswa masih kesulitan dalam memahami bagaimana cara menulis artikel jurnal yang baik. Hal tersebut berdampak pada proses publikasi sebagai bagian dari kewajiban masing-masing mahasiswa dan guru ASN.

Berikut ini adalah pemahaman penting bagi penulis artikel jurnal.

Title (Judul)

Judul atau title wajib ditulis dengan singkat dan padat, biasanya beberapa jurnal membatasi jumlah huruf dalam paper yaitu maksimal 14 kata. Di dalam judul harus tertulis secara jelas tiga poin yaitu: Problem (masalah), Object (objek), dan Method (metode).

Tiga poin tesebut, boleh diletakkan secara berurutan atau bolak-balik, asal maksud dan tujuan dari judul dapat dipahami dengan mudah.

Abstract (Abstrak)

Abstrak adalah garis besar penelitian, ditulis dengan penjelasan singkat dan padat, serta tidak dianjurkan untuk menuliskan rumus. Untuk detail Penulisan Abstrak yang baik, jumlah kata tidak antara 150-250 kata saja. Tidak boleh lebih.

Introduction (Pendahuluan)

Pada pendahuluan, tuliskan apa masalah yang akan diselesaikan. Mengapa masalah itu penting atau apa urgensi dari masalah tersebut. Lalu tuliskan solusi Anda serta sampaikan perbandingan keterbaruan (novelty) dari penelitian sebelumnya. Yang terakhir tuliskan apa hasil yang ingin dicapai. 

Methodology (Metodologi)

Pada bagian ini, jelaskan secara detail metode yang diajukan. Penulisan methodology memang berbeda-beda sesuai dengan bidang ilmu dan metode yang diambil. Anda wajib mengerti dengan baik apa yang dikerjakan. Jika Anda paham, maka tidak akan ada kesulitan berarti dalam menulis methodology.

Hanya saja, Anda wajib membedakan cara penulisan metodologi pada laporan skripsi atau thesis dengan penulisan methodology pada paper.

Result and Discussion (Hasil dan Pembahasan)

Pada bagian ini, jelaskan bukti dari hasil hipotesis arau penelitian Anda. Jelaskan juga detail dari skenario pengujian metode Anda dan sebutkan hasil pengujiannya dalam bentuk fakta.

Conclusion (Kesimpulan)

Pada Kesimpulan, ceritakan hasil penelitian yang didapatkan secara singkat dan apa yang bisa dilakukan untuk pengembangan penelitian tersebut kedepan. Intinya, Kesimpulan menjelaskan jawaban dari rumusan masalah dan keseluruhan isi penelitian secara singkat.

References (Daftar Pustaka)

Yang terakhir adalah penulisan Daftar Pustaka. Untuk publish pada jurnal yang bagus, penulisan Daftar Pustaka sangat diutamakan.

Selain Daftar Pustaka, penulisan Sitasi juga harus benar. Tapi, bagi sebagian orang, menulis daftar pustaka adalah bagian yang paling menyulitkan dan membosankan. Namun keadaan tersebut hanya dialami oleh orang yang belum tau jika banyak software yang bisa membantu kita dalam menulis Daftar Pustaka. (dari berbagai sumber/Ilustrasi: iStockPhoto)

Related posts