Kenang Guru, Alumni SMK Negeri 2 Pariaman Terbitkan Antologi

Pariaman, Literasi Indonesia – Kehadiran seorang guru, adalah segalanya bagi siswa. Guru, selain digugu dan ditiru, juga menjadi sosok panutan yang dicintai dan selalu ada di hati mereka yang dididiknya.

Untuk memujudkan rasa cinta kasihsayang pada guru, banyak hal yang dilakukan siswa. Salah satu contoh nyata yang dapat ditiru oleh siswa-siswa lainnya adalah yang ditunjukkan oleh alumni SMK Negeri 2 Pariaman. Sebuah buku karya bersama (antologi) berjudul ‘Surat Rindu Untukmu Guru; Seikat Bunga Kata Sebagai Ukiran Kenangan Bersama Guru Kami Tercinta’ mereka tulis dan terbitkan.

“Saat ini kenangan tak hanya bisa kita simpan dalam ingatan saja. Kenangan bisa di-abadikan sebagai bukti sejarah hidup seseorang. Buku ini sebagai bukti bahwa kenang-an bisa diabadikan, hal ini merupakan tujuan dalam penulisan buku antologi ini,” sebut alumni SMK Negeri 2 Pariaman dalam prakata buku tersebut.

“Memang kebahagiaan kita sebagai guru adalah ketika kita mendengar kabar baik dan dikenang oleh mereka yang pernah meluangkan sebagian perjalanan hidup mereka bersama kita dalam sebuah wadah yang kita sebut dengan pendidikan,” tulis Dra. Arrahmi SMK Negeri 2 Pariaman dalam sambutannya di buku tersebut.

Telah dibuktikan oleh sekelompok alumni kami, sambung Arrahmi, dari kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata yang mempersembahkan sebuah karya hebat berupa tulisan untuk sosok guru yang mereka sayangi dan mereka panggil dengan sebutan Ms. Riri (Riwayatul Ismi).

“Saya acungkan jempol atas cerita dan kisah-kisah indah dalam buku ini, semoga sama-sama da-pat kita petik hikmah dan pelajaran,” sambungnya.

“Kami harapkan kepada semua guru, siswa dan alumni kami juga dapat melahirkan ide yang dapat memperkaya khasanah literasi sekolah kita dan tentunya dapat mempererat tali silaturahim kita keluarga besar SMK Negeri 2 Pariaman. Mari kita besarkan pendidikan ini dengan karya nyata, bukan hanya impian,” tegasnya.

Sementara itu menurut Riwayatul Ismi, guru yang menjadi objek kenangan para siswa SMK Negeri 2 Pariaman itu, buku tersebut lahir sebagai suatu inisiatif mengakhiri masa pengabdiannya di SMK Negeri 2 Pariaman.

Cover buku Surat Rindu Untukmu Guru; Seikat Bunga Kata Sebagai Ukiran Kenangan Bersama Guru Kami Tercinta.

Selama hampir 12 tahun, terhitung sejak 20 Januari 2009 sampai 31 Juli 2020 saya diamanahkan mendidik siswa kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata. Mungkin mereka berpikir mereka belajar dengan saya, namun seyogyanya sayapun juga belajar dari mereka,” sebut Riyawatul Ismi dalam pengantarnya.

Bagaimana tidak, sambung guru yang kini mengabdi di SMK Negeri 1 Padang Panjang itu, mereka siswa-siswa yang memiliki latar belakang budaya dan karakter pantai yang kadang bahkan sering berbenturan dengan karakter dan budaya pegunungannya.

“Saya beradaptasi dengan mereka, saya pandang mereka sebagai manusia yang sangat perlu dibimbing, diperhatikan bahkan diperlakukan kadang seperti adik bahkan seperti anak kandung sendiri,” tulisnya.

Buku setebal 118 halaman yang diterbitkan melalui P3SDM melati Publishing itu kini telah beredar, terutama di kalangan alumni dan siswa SMK Negeri 2 Pariaman, Sumatera Barat. (d’)

Related posts