Sering Menggunakan File PDF? Kabar Duka Datang dari Penemunya

Jakarta, Literasi Indonesia – Setiap orang yang sehari-hari bekerja menggunakan perangkat komputer baik PC maupun laptop, dipastikan sangat kenal dengan format file yang bernama Portable Document Format atau PDF.

Tahuklah anda siapa penemunya? Ya, dia adalah Charles Geschke atau biasa dipanggil Chuck. Kabar duka datang darinya karena kematian Chuck dikabarkan ke seluruh dunia. Ia meninggal dunia di umur 81 tahun di rumahnya di kawasan California.

Charles yang biasa dipanggil Chuck adalah salah satu pendiri raksasa software Adobe pada tahun 1982, kemudian dia juga ikut menciptakan PDF.

CEO Adobe, Shantanu Narayen, menyebut bahwa Chuck telah memicu revolusi publikasi di desktop dan Adobe sangat berduka dengan kepergiannya.

“Ini adalah sebuah kehilangan besar bagi seluruh komunitas Adobe dan juga industri teknologi, di mana dia telah menjadi seorang pemandu dan pahlawan selama beberapa dekade,” sebutnya seperti dikutip dari BBC, Senin (19/4).

“Sebagai co founder Adobe, Chuck dan John Warnock mengembangkan software terobosan yang telah merevolusi bagaimana orang menciptakan dan berkomunikasi,” tambahnya.

Pada tahun 1992, Chuck pernah jadi berita nasional karena kasus penculikan yang menimpa dirinya. Dia sempat disandera selama 4 hari. Chuck kemudian berhasil dibebaskan oleh polisi.

Pada tahun 2009, Presiden Barack Obama menganugerahkan Chuck dan juga Warnock dengan penghargaan tinggi karena jasanya di bidang teknologi, National Medal of Technology.

“Saya bisa mengatakan sebagai istrinya bahwa dia adalah seorang pria yang sangat sangat rendah hati. Dia sangat bangga dengan kesuksesannya, tapi dia hati-hati tentang apa yang harus ia lakukan dengan kesuksesan itu,” kata sang istri, Nan Geschke. Selamat jalan penemu PDF. (ist)

Related posts