Minahasa dan Pagar Alam Terima Bantuan Mobil dan Motor Perpustakaan Keliling

Jakarta, Literasi IndonesiaPerpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memberikan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling untuk Kabupaten Minahasa dan satu unit motor perpustakaan keliling untuk Kota Pagar Alam.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dalam kunjungan kerja yang dilakukan legislator DPRD Kabupaten Minahasa dan DPRD Kota Pagaralam ke Perpusnas.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyampaikan apresiasinya atas kunjungan para legislator tersebut. Dia menjelaskan Perpusnas siap memberikan dukungan atas kebijakan legislatif untuk minat baca, selama berkoordinasi dengan dinas perpustakaan.

Pada kesempatan tersebut, Syarif Bando menegaskan paradigma perpustakaan harus berubah menjadi pusat transfer ilmu pengetahuan. Bahkan, kini perpustakaan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan pembacanya.

Perpusnas melalui program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial mengembangkan hal ini. Melalui koleksi buku ilmu terapan yang ada di perpustakaan, masyarakat belajar dan dibimbing oleh tim pendamping. Selanjutnya, masyarakat didorong untuk membuka usaha yang pada akhirnya bertujuan mencapai kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup.

Syarif menjelaskan, sebanyak dua desa masing-masing di Kabupaten Minahasa dan Kota Pagar Alam diproyeksikan menerima manfaat transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 

“Kota Pagar Alam dua desa dan Minahasa dua desa untuk transformasi layanan pada 2022. Kami akan memberikan stimulan bahwa kita bisa membuka usaha dengan sedikit ilmu terapan. Yang kami bangun adalah adrenalin usaha untuk bangkit,” ungkapnya di Ruang Rapat Pimpinan, Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Kamis(15/4).

Selain itu, Perpusnas juga mengembangkan layanan daring yang bisa dimanfaatkan, termasuk masyarakat Minahasa dan Pagar Alam. Di antaranya layanan perpustakaan digital iPusnas, layanan keanggotaan yang bisa diakses melalui keanggotaan.perpusnas.go.id, jurnal elektronik e-Resources, dan repositori perpustakaan seluruh Indonesia yang bisa diakses melalui laman onesearch.id.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady P. E. Kandouw menyatakan apresiasinya kepada Perpusnas atas bantuan mobil perpustakaan keliling. Dia menjelaskan kondisi minat baca di Minahasa masih perlu ditingkatkan.

“Bahwa perlu ada kegiatan-kegiatan yang mensosialisasikan kepada masyarakat, mungkin melalui pembelajaran di SD-SD atau dalam pendidikan, agar supaya minat membaca di masyarakat Minahasa tinggi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan ada 25 kecamatan di Minahasa. Nantinya, mobil perpustakaan keliling tersebut akan berkeliling ke kecamatan yang ada. “Harapan agar nantinya setelah dapat mobil ini, kami pun akan menyesuaikan agar kami tetap selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat agar untuk menjadi pintar dan produktif, kita harus tetap selalu membaca,” jelasnya.

Wakil Ketua I DPRD Kota Pagar Alam Dessy Siska mengungkapkan apresiasinya atas bantuan motor perpustakaan keliling yang terdiri dari dari motor dan 250 eksemplar buku tersebut. Bantuan ini sangat dibutuhkan karena kondisi geografis Pagar Alam yang berbukit.

“Karena kami memang walaupun kota, tapi letaknya jauh-jauh di perbukitan pun ada yang agak jauh di pelosok itu untuk menunjang minat baca dari masyarakat Kota Pagaralam sendiri,” ungkapnya.

Dia berharap ke depannya, Perpusnas bisa mendukung gerakan minat baca di daerahnya. DPRD memberikan dukungan anggaran untuk dinas perpustakaan. Tahun depan, legislator sedang membahas kenaikan anggaran senilai Rp1,3 miliar.

“Untuk dinas perpustakaan dan kearsipan selama dua tahun ini kami mendukung itu Rp700 juta, nah kemarin ada refocussing dari Covid-19 itu terpotong menjadi 500 juta, tetapi ini kami kembalikan lagi ke 700 juta,” pungkasnya. (perpusnas)

Related posts