Pustakawan Dilatih Optimalisasi Promosi Lewat Medsos

Jakarta, Literasi Indonesia – Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menggelar optimalisasi peningkatan kualitas layanan perpustakaan. Kegiatan ini mengusung tema “Promosi Perpustakaan dengan Memaksimalkan Media Sosial”.

Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Moh. Isom saat membuka kegiatan mengatakan, gelaran ini bertujuan memberikan wawasan dan bekal kepada pengelola perpustakaan dalam mempromosikan perpustakaan dengan memaksimalkan media sosial. 

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari para pustakawan perwakilan unit eselon I Kemenag serta perwakilan kementarian dan lembaga lainnya. 

Rangkaian kegiatan Promosi Perpustakaan dengan Memaksimalkan Media Sosial ini juga digelar secara daring yang diikuti perwakilan Balai Diklat Kegamaan dari berbagai daerah di Indonesia.  

“Kegiatan ini diharapakan dapat memberikan bekal kepada pengelola perpustakaan dengan memaksimalkan media sosial. Sudah saatnya perpustakaan bertransformasi seiring perkembangan zaman dengan memanfaatkan perkembangan digital dan media sosial,” ujar M Isom, di Jakarta Senin (12/4).  

Untuk menambah pengetahuan peserta terkait upaya memaksimalkan media sosial di ranah perpustakaan, lanjut Isom, kegiatan ini menghadirkan pembicara Dimas Aditya Nugraha, Koordinator Audio Visual dan Media Sosial dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menurut Dimas selain mengemas data, pengelola media sosial harus bisa menentukan konten yang bagus untuk dijadikan pilar konten. Setelah menentukan segmentasi, membuat konten yang bagus, maka pengelola media sosial juga harus dapat mendistribusikan medsos dengan baik. 

“Pegiat media sosial di lingkup pemerintahan harus mengetahui saluran medsos apa yang akan digunakan sehingga dapat lebih menyasar masyarakat dengan tepat,” ujarnya. 

Usai paparan Dimas Aditya Nugraha terkait kampanye program dan konten di media sosial, kegiatan dilanjutkan dengan berbagi pengalaman dalam mengelola media sosial dari perwakilan BPK RI, BPS, dan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, khususnya dalam mempromosikan program-program dan konten perpustakaan di kementarian dan lembaga. 

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan buku Moderasi Beragama dari Balitbang Diklat Kemenag kepada perwakilan kementerian dan lembaga yang berpartisipasi dalam kegiatan Promosi Perpustakaan dengan Memaksimalkan Media Sosial. (berita dan foto: kemenag)

Related posts