Mengatasi Aplikasi WA yang Lemot? Ketahui Cara Menghapus Cache

Literasi Indonesia – Pernah anda mengalami ponsel menjadi lemot saat digunakan mebuka aplikasi WhatsApp? Mungkin semua orang pernah mengalami.

Nah, bukan ponsel anda yang rusak atau mengalami trouble, namun hanya butuh sedikit sentuhan dari pengetahuan tentang aplikasi yang ada pada ponsel.

Setiap penggunaan aplikasi pada smartphone pasti menghasilkan cache. Cache adalah cara aplikasi menyimpan informasi pada ponsel.

Setiap aplikasi memiliki file cache tersendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan. Dan aplikasi WhatsApp juga demikian. Penggunaan WhatsApp yang sangat tinggi, jelas saja akan menghasilkan cache yang juga banyak dan langsung tersimpan dalam aplikasi.

Ditambah penggunaan data berupa video, audio, pesan suara, stiker, dokumen yang dibagikan baik oleh grup maupun personal. Ini yang mebuat ponsel anda lemot ketika dibuka.

Lalu bagaimana  cara agar tetap ringan dan tidak lemot? Anda cukup mengetahui cara hapus cache WhatsApp di Android. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel.
  2. Ketuk ikon tiga titik pada bagian pojok kanan atas.
  3. Lalu ketuk opsi ‘Setelan’.
  4. Setelah masuk, kemudian pilih dan ketuk opsi ‘Penyimpanan dan Data’.
  5. Pada bagian paling atas Anda akan menjumpai menu ‘Kelola Penyimpanan’, ketuk opsi tersebut. Pada tampilan awal menu opsi ‘Kelola Penyimpanan’ Anda akan melihat besaran cache yang ada.
  6. Setelah mengetuk opsi tersebut, Anda akan menjumpai kolom bar berwarna kuning dan hijau serta keterangan arti dari warna tersebut.
  7. Di bagian bawah kolom bar, Anda akan menemukan daftar kontak WhatsApp. Pilih kontak dengan kapasitas memori paling besar, bisa personal ataupun grup. Nominal angka memori terdapat di sebelah kanan dari nama kontak.
  8. Di dalam opsi tersebut Anda akan menjumpai video, audio, foto, GIF, dan pesan suara yang memakan ruang. Pilih file mana yang ingin dihapus. Jika ingin menghapus semuanya, pilih opsi ‘Pilih Semua’ dengan ikon kotak yang berada di pojok kanan atas.
  9. Setelah menghapus file tersebut, Anda akan melihat penurunan jumlah cache pada kolom bar.
  10. Cara cepat lainnya, Anda bisa pilih dua opsi menu yang berada di bawah kolom bar. Menu tersebut hanya menampilkan file berkapasitas besar saja.

Nah, sekarang dijamin ponsel anda tidak akan lemot lagi membuka aplikasi WhatsApp. Untuk aplikasi lain, Literasi Indonesia akan terus update informasi untuk anda. (ist)

Related posts