Buku: Organizational Citizenship Behaviour for Environment (OCBE): Generasi X vs Generasi Y Millenia

Literasi Indonesia – Buku ini berjudul Organizational Citizenship Behaviour for Environment (OCBE): Generasi X vs Generasi Y Millenia.

Secara garis besar buku ini terdiri dari: Pengertian Organizational Citizenship Behaviour for Environment (OCBE); Kepemimpinan dan OCBE; Budaya Organisasi dan OCBE; dan Implementasi Organizational Citizenship Behaviour for Environment (OCBE): pada generasi X dan generasi Y millenia.

Saat ini “Sustainability Organisasi” sudah menjadi isu strategis yang cukup menjadi perhatian semua organisasi. Untuk mencapai keberlanjutan organisasi diperlukan dukungan sumber daya manusia  yang berkualitas.  

Kualitas karyawan dalam organisasi tidak hanya dapat dilihat dari seberapa banyak karyawan mampu berkontribusi dalam menyelesaikan tugas dan tang gungjawabnya  dengan baik, tetapi  juga diharapkan mempunyai inisiatif dalam melakukan  pekerjaan lain di luar job deskripsinya, terkait  kepedulian terhadap lingkungan untuk meningkatkan kinerja tim dan kinerja organisasi tanpa memikirkan reward.

Perilaku itulah yang disebut organizational citizenship behaviour for environment (OCBE). Dengan adanya perilaku OCBE yang optimal pada karyawan, maka diharapkan kinerja organisasi akan meningkat dan selanjutnya akan mempengaruhi sustainability organisasi. Beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi OCBE adalah kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi.

Buku ini memberikan informasi bahwa perbedaan generasi akan mempengaruhi perilaku karyawan dalam mengimplementasikan OCBE sehingga masing-masing organisasi harus mempunyai strategi yang tepat.

Penulis:

  1. Dr. Lenny Christina Nawangsari, MM
  2. Dr. Ahmad Hidayat Sutawidjaya, M.Com, M.Phil
  3. Ricka Yunita Prasetya, SE, MM

Penerbit: P3SDM Melati Publishing

ISBN: 978-623-6852-10-1

(Sumber: P3SDM Melati Publishing)

Related posts