Tujuh Program Prioritas Nasional RPJMN 2020-2024

Jakarta, Literasi Indonesia – Pemerintah mulai merancang Program Prioritas Nasional yang akan dilakukan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Terdapat 7 (tujuh) Program Prioritas Nasional terdiri dari Ketahanan Ekonomi, Pengembangan Wilayah, SDM Berkualitas dan Berdaya Saing, Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan, Penguatan Infrastruktur, pembangunan lingkungan hidup, serta stabilitas politik hukum dan transformasi pada publik.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Kantor Staf Presiden serta Kementerian dan Lembaga terkait lainnya melakukan rapat koordinasi membahas Penajaman Program Prioritas Nasional Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Tahun 2021.

Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko PMK Iwan Eka Setiawan menjelaskan, untuk tahun 2021, pemerintah telah memilih beberapa program-program yang akan ditajamkan menjadi prioritas nasional di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan.

“Saat ini kita berfokus kepada beberapa program prioritas nasional yang berkaitan di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan yaitu KIP Kuliah, Pendidikan Vokasi, Industri Gaming, Bantuan Sosial, Program JKN, Masalah Stunting, juga Pengembangan desa wisata dan desa digital,” ujarnya saat memimpin jalannya Rapat Koordinasi Pembahasan Penajaman Program Prioritas Nasional Bidang PMK Tahun 2021 di Ruang Rapat Hotel 101 Suryakencana Bogor, Jum’at (19/3).

Perwakilan dari Kantor Staf Presiden (KSP) Agung Harjono menjelaskan adanya rencana aksi (Renaksi) yang berisi kegiatan-kegiatan pendukung dalam mensukseskan program prioritas nasional tersebut.

“Program-program prioritas nasional itu dimasukan kedalam beberapa rencana aksi yang telah di buat oleh masing-masing kementerian dan lembaga yang terkait dengan bidang pembangunan manusia dan kebudyaan,” ucapnya

Perlu diketahui, Program Prioritas Nasional atau Agenda Pembangunan yang berkaitan dengan bidang pembangunan manusia dan kebudayaan seperti Prioritas Nasional dalam Memperkuat Ketahanan Ekonomi Untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berkeadilan. 

Prioritas Nasional yang kedua yaitu berkaitan dengan Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing. Selanjutnya, Prioritas Nasional yang ketiga yaitu Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan.

Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Biro Perencanaan pada masing-masing kementerian dan lembaga terkait baik secara daring maupun luring. (*/pmk)

Related posts