Guru Harus Melek Internet Agar Lebih Cerdas Sebagai Pendidik

Kota Malang, Literasi Indonesia — Semakin lama proses Belajar dari Rumah (BdR), guru yang selama ini tidak mengenal dunia internet kini makin melek. Banyak hal yang harus diketahui, karena guru akan digugu.

Terkait dengan persoalan keberadaan media sebagai salah satu sumber belajar yang bisa dimanfaatkan, guru juga mestinya mengenal istilah-istilah dalam dunia maya. Termasuk mana yang website resmi, mana blog pribadi yang notabene adalah media gratisan.

Sekaitan dengan hal itu, Agung T salah seorang pengembang  bidang aplikasi internet, menyampaikan pendapatnya tentang hal tersebut.

“Benar sekali,  guru sebagai pendidik yang selalu jadi tumpuan pertanyaan, harus mengenal lebih banyak tentang dunia internet. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 ini. Semua orang menggunakan internet,” ujarnya kepada Warta Pendidikan saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (13/5).

Menurut Agung, di dunia internet, apalagi dengan maraknya media-media online yang dishare dan berseliweran saat ini di media-media sosial, guru harus sedikit mendalami tentang apa itu website dan blog.

“Blog sifatnya gratisan. Setiap orang bisa memiliki blog hanya dengan membuka akun di salah satu media utama seperti blogspot.com atau penyedia layanan gratis lainnya. Tiap menit bisa bikin blog atas nama siapapun. Tapi yang jelas, blog tidak bisa dijadikan sumber referensi,” paparnya.

Selanjutnya katanya, kalau keberadaan web dengan domain tertentu, semua itu diatur oleh Pengelola Domain Internet Indonesia (PANDI). Badan pengelola tersebut menentukan perlintasan domain internet di tanah air. Jadi tidak bisa main-main.

Related posts

Leave a Comment