Lomba Cipta Puisi Nasional, Siswa MAN 3 Bantul Raih Juara I

Bantul, Literasi Indonesia – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul kembali mengukir prestasi nasional. Wasyilatul Husna Amalia, siswa kelas XI Agama 1 meraih juara I  lomba Cipta Puisi Nasional Dr. Project.

Iven yang mengambil tema “Sad Ending” tersebut diselenggarakan oleh penerbit dan iven organizer Dr. Project2 melalui akun instagram @dr.project2. Karena pandemi Covid-19, lomba digelar secara daring melalui beberapa tahapan. Ajang ini berlangsung sejak November 2020, dan pemenag diumumkan pada 13 Februari 2021.

Puisi Syila yang berjudul Cinta Dalam Dermaga Bisu berhasil menyisihkan karya 48 peserta lainnya. Dengan keberhasilan tersebut, Syila berhak memperoleh piala dan medali kejuaraan serta sertifikat. Di samping itu juga karyanya dimuat dalam buku Antologi ber-ISBN.

“Saya sangat bersyukur bias meraih hasil terbaik dalam lomba cipta puisi kali ini. Awalnya saya juga tidak yakin bias menjadi yang terbaik, mengingat lomba ini tingkatnya nasional, tentunya peserta lainnya juga penulis yang sudah piawai serta banyak pengalaman,” ujar Syila saat ditanya tentang perasaannya memenangkan lomba, di Bantul, Senin (15/2).

Sementara itu, kepala madrasah Syamsul Huda memberikan apresiasi atas keberhasilan Syila. Menurutnya potensi menulis yang dimiliki siswanya tersebut perlu dibina dan dikembangkanlebih maksimal, sehingga semakin meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

“Dengan prestasi Syila,  semoga semakin memicu dan memacu semangat siswa lainnya dalam berliterasi, sehingga Madrasah Literasi yang kita canangkan bias terrealisir,” tegasnya.

Keberhasilan Syila juga tak lepas dari bimbingan dan pendampingan guru bahasa Indonesia di madrasah, Nur Salamah. Menurutnya, Syila memang merupakan siswa yang aktif dalam menulis, termasuk juga dalam mengikuti berbagai event lomba.

Bahkan Syila sudah memiliki 3 buah buku Antologi Cerpen dan Puisi yang ditulis bersama penulis lainnya Buku-buku tersebut telah menambah koleksi bahan bacaan di perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul.

Ternyata pandemi Covid-19 ini pun tidak menghentikan kreatifitas Syila dalam menulis. Hal ini terbukti dengan keberhasilnya meraih prestasi kali ini. (*/kemenag/Kholif Diniawati)

Related posts

Leave a Comment